Monday, January 16, 2012

170 WNI Korban Costa Concordia Selamat



JAKARTA - Kasus tenggelamnya kapal pesiar mewah Costa Concordia di sekitar Pulau Isola del Goglio, Italia membuat sibuk Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan jajaran KBRI di Roma. Pasalnya, kecelakaan ini melibatkan 170 WNI. Kemenlu melanisir seluruh WNI ini bukan penumpang kapal. Mereka adalah para ABK di kapal tersebut. Juru bicara Kemenlu Michael Tene di Jakarta kemarin menuturkan, pihaknya masih belum mendapatkan nama-nama ke-170 WNI yang menjadi korban itu. Tetapi, Tene mengatakan pihaknya sudah sedikit tenang ketika mendapatkan kabar seluruh WNI tadi berhasil 
diselamatkan. "Seluruh WNI sudah berhasil dievakuasi dari atas kapal," ujap Tene.
Selanjutnya, pada WNI tadi dievakuasi langsung ke tempat penampungan di sekitar pelabuhan di dekat TKP. Sementara itu, pejabat KBRI di Roma juga sudah diutus untuk memantau langsung para WNI ini. Perwakilan dari KBRI di Roma ini selain mematau juga memberikan bantuan logistik untuk para WNI.
Tene mengaskan, hingga kemarin masih belum ada kabar jika ada WNI yang menjadi korban dalam insiden ini. Tene menuturkan, situasi di Italia terus berkembang. Pihak KBRI Roma sendiri belum bisa mengkonfirmasi ke pihak pemilik kapal berapa WNI yang mereka pekerjakan.
Tekait dengan kepastian sementara jika kecelakan ini menewaskan tiga orang, Tene mengatakan jika ketiganya bukan WNI. Sedangkan untuk korban hilang yang jumlahnya diperkirakan 40 orang, juga belum ada keterangan resmi apakah ada WNI-nya atau tidak.
Tene mengatakan, pihaknya akan terus memantau perkembangan evakuasi kecelakaan kapal ini hingga tuntas. Upaya ini dilakukan untuk memastikan apakan ada WNI yang menjadi korban tewas dalam kecelakaan ini. (wan)

sumber : http://www.radarbanjarmasin.co.id/index.php/berita/detail/Z2JnY2ettrii36k=

No comments:

Post a Comment